Wisata Alam Dan Budaya Lombok, Indonesia Nusa Tenggara Barat

Legenda Pantai Seger Kuta Lombok Dan Ayunan Mandalika (Lombok, Nusa Tenggara Barat)

Kali ini cerita perjalanan saya terbagi menjadi beberapa artikel, berhubung banyak tempat yang saya kunjungi saat tiga hari itu, maka jika diceritakan dalam satu artikel blog ini terlalu panjang. Alhasil, untuk dibaca kurang menarik hehehe
Bercerita sedikit tentang perjalanan saya ke Pantai Seger yang terletak di Lombok, 2 kilometer sebelah timur Pantai Kuta Lombok. Jika diperkirakan jarak tempuh dari Bandara International Lombok di Praya, untuk menuju Pantai Seger sekitar setengah jam sampai satu jam. Untuk transportasi dapat memggunakan jasa travel ataupun mobil sewaan ya guys, mengingat jarang sekali transportasi umum di sekitar Bandara untuk menuju tempat wisata yang ada di Lombok tersebut.
Sedikit informasi dari yang saya dapat, untuk biaya sewa jasa travel kisaran harga Rp. 250.000,- s/d Rp. 350.000,- ribu rupiah untuk sekali anatar saja. Itupun tergantung nanti penawaran deal antara kita dan si jasa travel tersebut, untuk menemui para jasa travel tersebut sangat mudah. Biasanya mereka standby di pintu keluar Bandara, dan menyambut para pendatang untuk dapat memakai jasanya. Jadi tidak perlu khawatir ya guys, asal isi dompet tidak kosong saja. Hahaha
Untuk lebih baiknya sebelum hari keberamgkatan kita bisa googling terlebih dahulu nih guys buat sewa jasa travelnya, untuk biaya pastinya lebih terkondisikan dan tidak terjadi tembak harga jatuhnya, bisa lebih murah juga kan.
Dan saran saya, lebih baik jika ingin sewa jasa travel langsung saja cari paket wisatanya guys. Disamping lebih murah dan lebih banyak destinasi yang akan dikunjungi dibamding hanya sewa sekali jalan, saat itu saya paket wisata antar 5 destinasi Rp. 650.000,- (nego). Sudah termasuk tempat-tempat yang menjadi daya tarik wisatawan asing dan lokal.
Saat saya sampai Bandara menuju Sekotong menggunakan Bus Damri Rp. 30.000,- lalu transit menggunakan transport umum menuju lokasi penginapan, Rp. 80.000,- sejenis angkot umum carteran.
Oke lanjut menuju Pantai Seger, dan kebetulan saya saat itu sudah mempersiapkan segala sesuatunya dari sebulan sebelum keberangkatan. Untuk masalah penginapan dan transport sudah saya booking terlebih dahulu, tepatnya didaerah Sekotong. Jadi saat itu saya berangkat dari Sekotong menuju Pantai Seger, dengan jarak tempuh jasa travel sekitar 1 sampai 2 jam perjalanan.
 Sedangkan jika dari Kota mataram akan menempuh jarak tempuh sekitar 52 km dengan estimasi waktu kurang lebih 50 menit menuju Pantai Seger. Jika, posisi kita berada di kawasan wisata Pantai Senggigi akan lebih jauh lagi jarak tempuh untuk menuju Pantai Seger di Lombok Tengah, waktu yang diperlukan sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan.
Pantai Seger adalah sebuah pantai yang masih alami dan unik karena selain berpasir putih dan memiliki panorama perbukitan khas pantai-pantai Lombok tengah bagian selatan, pantai ini juga menampilkan panorama batu karang yang menyembul dari tengah laut yang kerap kali disebut dengan Batu Tengkong (batu jamur) yang dapat di capai oleh pengunjung saat air laut surut.
Tentang Legenda Daerah dari Pantai Seger sendiri yang terdapat Ayunan Mandalika di pesisir Pantai, yang bercerita tentang putri cantik jelita bernama 'Mandalika' anak seorang Raja Tonjang Beri. Karena kecantikannya dan kebaikan perangainya inilah banyak pangeran yang bermaksud memperistri.
Namun anehnya, setiap pangeran yang melamar tidak ada satupun yang ia tolak. Para pangeran tersebut tentu tidak menerima jika sang putri diperistri oleh banyak pangeran. Maka, mereka pun bersepakat untuk mengadu keberuntungan lewat peperangan. Siapa yang memenangi perang tersebut dialah yang berhak menjadi suami Putri Mandalika. Kabar ini akhirnya sampai juga ke telinga sang putri, Ia pun berpikir selama sehari semalam untuk menemukan jalan keluarnya.
Akhirnya ia memutuskan untuk merelakan jiwanya demi menghindari terjadinya peperangan yang akan memakan korban lebih banyak lagi. Setelah melakukan semedi, maka Putri Mandalika mengundang semua pangeran pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak. Bertempat di pantai Segar mereka berkumpul untuk mendengarkan siapa pangeran yang akhirnya akan menjadi suami Putri Mandalika.
Saat itulah putri berkata bahwa tidak ada satupun pangeran yang dia pilih karena dia telah ditakdirkan menjadi Nyale (cacing laut) yang dapat dinikmati oleh seluruh rakyat pada bulan dan tanggal saat munculnya Nyale di permukaan laut. Sesaat setelah mengatakan hal itu, putri-pun menceburkan diri ke laut. Ia pun menghilang tanpa jejak. Tak lama kemudian, di permukaan laut bermunculan binatang kecil yang jumlahnya sangat banyak.
Binatang yang berbentuk cacing laut itu memiliki warna yang indah, perpaduan antara warna hitam, hijau, kuning dan coklat. Binatang itulah yang kemudian disebut sebagai “Nyale” jelmaan Putri Mandalika.
Nah, disamping kita dapat berwisata alam kita juga dapat wisata Budaya guys. Lumayan untuk menambah wawasan kita terhadap tempat-tempat yang dijadikan ritual budayanya Suku Sasak di Lombok, sambil menyelam minum air namanya Hehehe
Dipantai Seger ini kita dapat menikmati keindahan samudra, lautan biru yang luas diatas bukit ketika sunset dan sunrise. Karena di Pantai ini banyak sekali terdapat perbukitan tandus bersama para kerbau perbukitan yang sedang mencari makan, dan di bukit itulah kita dapat mengambil foto dengan view hamparan air laut dan bukit-bukit hijau. Bersantai, menikmati jernihnya air laut dengan snorkling ataupun hanya sekedar bermain air di bibir pantai sambil menikmati Ayunan Mandalika, inilah view kehidupan yang saling melengkapi (hewan, manusia, gunung dan lautan).
Untuk cerita perjalanan Pantai Seger dan Legenda Ayunan Mandalika sampai disini dulu, destinasi selanjutnya di tema artikel yang berbeda setelah ini ya. Next time semoga saya bisa lanjut ke cerita perjalanan berikutnya di lokasi yang berbeda ya. Insya Allah, Aamiin 


Daily, Short Story
Lombok, 10 April 2017
By. Suciesbastian

Sucie Sbastian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar :)

Instagram