Wisata Budaya Lombok, Nusa Tenggara Barat (Travelling/Backpacker)

Tradisi Suku Sasak Lombok, Tenun Songket
Kebudayaan Masyarakat Lombok

(Ina, Pengrajin Tenun Songket Sukarara)

Ina' baiq (ibu beranak tiga). Adalah salah satu pengrajin kain tenun songket khas suku sasak di Lombok. Tepatnya di Industri Kerajinan Patuh Sukarara Village, Lombok Tengah.
Beliau menenun mulai dari berumur 13 tahun hingga saat ini, dan salah satu pengrajin tenun songket di Sukarara Village.
(Belajar Tenun, Sukarara Village)

Sukarara Village sendiri adalah sentra penghasil songket terbesar di Lombok. Info dari beliau, sentra disini sudah menjadi bagian dari komoditi hingga merambah pasaran luar negeri, dan tenun songket merupakan kain tenun yang dibuat dengan teknik menambah benang pakan yaitu berupa hiasan-hiasan dari benang sintetis berwarna emas, perak, dan warna lainnya.
(Belajar Tenun, Sukarara Village)

Hiasan itu disisipkan di antara benang lusi, terkadang hiasan dapat berupa manik-manik, kerang, maupun uang logam. Untuk kain songket sensiri dipakai sebagai bagian dari pakaian tradisional suku sasak yang bernama baju lambung atau dikenal dengan baju wanita.
(Hasil Songket, Desa Sade)

Untuk penyelesaian tenun menjadi kain dapat memakan waktu yang berbeda-beda ujarnya, bisa jadi satu bulan bahkan lebih, tergantung tingkat kesulitan manik atau model songket yang akan di buat.
(Desa Sade, Suku Sasak Lombok)

Uniknya, menenun kain merupakan aktivitas sehari-hari perempuan suku sasak di lombok. Aktivitas itu juga menjadi syarat yang wajib dipenuhi untuk dapat menikah.
(Salah Satu Pengrajin Tenun Songket Rumahan)

"Kalau perempuan di sini belum bisa menenun, mereka belum siap menikah karena harus bikin tiga sarung. Satu untuk diri sendiri, untuk suami dan mertua perempuan. Belajarnya sejak umur 10 tahun, mulai dari kain polos dulu" ujarnya.
(Papu Balo, Penjual Sovenir Di Desa Sade)

Papu Balo' yang artinya sebutan untuk kerabat suami istri garis keturunan atas suku sasak. Yaitu kakek atau nenek hingga keturunan yang paling tua.
-
Short Story, Lombok
11/04/17
Sucie Sbastian

Komentar

Sering Banyak Dikunjungi

Gaya Pacaran Anak Jaman Sekarang Nih, Wadewwwwwhhhh

Ketika Programer Jatuh Cinta

Well...!!! 'Bukanlah Hanya Waktu Yang Dapat Menyembuhkan Luka'

Nikah Muda Itu Lebih Romantis, Hayuk Atuh Bagi Yang Masih Berfikir Nikah Muda Itu Gayanya Orang Jadul-:D

Studio Ghibli Jepang Vs Studio Anime America

YAKIN PADA DIRI SENDIRI “THE POWER OF SUGGEST”